31 Jul

Faktor yang Harus Diperhatikan saat Menyewa Bus Pariwisata

Jogja menjadi salah satu kota pariwisata di Indonesia yang membuat banyak wisatawan yang datang untuk berwisata ke kota ini. Mereka datang dari luar daerah tanpa membawa kendaraannya. Jadi menyewa kendaraan merupakan langkah terbaik agar liburan para wisatawan bisa efektif dan efisien. Untuk rombongan besar tentu dibutuhkan kendaraan jenis bus seperti bus pariwisata. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan menyewa kendaraan termasuk bus pariwisata agar tidak terjadi masalah di perjalanan. Hal-hal yang sederhana biayanya luput dan terlupakan padahal hal tersebut sangat penting karena menyangkut kenyamanan dan juga keselamatan saat berkendara.  Tentu saja wisatawan tidak ingin menyewa mobil yang kondisinya tidak baik jadi berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat akan menyewa kendaraan khususnya bus wisata:

  1. Request unit terbaik

Mintalah unit terbaik yang dimiliki oleh perusahaan jasa sewa mobil tersebut saat telah setuju mengenai harga yang ditawarkan dan juga segala ketentuan yang ada. Jangan lupa meminta bukti foto unit kendaraan yang akan dipakai baik interior maupun eksterior. Selain itu mintalah unit  terbaru yang kondisinya tentu masih prima. Hal tersebut penting agar wisatawan bisa mendapatkan unit yang sesuai dengan yang mereka harapkan dan tidak perlu khawatir mengenai kenyamananya.

  1. Pastikan jenis bus yang ingin disewa

Hal berikutnya adalah pastikan bus pariwisata yang ingin disewa. Bus pariwisata yang ada di Indonesia ada beberapa jenis yaitu bus mikro, bus medium dan bus besar. Ketiganya memiliki beberapa perbedaan terutama kapasitanya. Bus mikro mempunyai kapasitas hingga 21 orang sedangkan buee medium bisa membawa 35 orang dan bus besar bisa membawa hingga 50 penumpang. Jika rombongan wisatawan 25 orang, tentu lebih baik menyewa bus medium karena sewanya lebih murah dibanding bus besar. Namun jika rombongan Anda lebih dari 40 orang tentu bus besar lebih lega dan nyaman saat digunakan.

  1. Cek kondisi kendaraan

Hal terpenting selanjutnya namun sering terlupakan saat  menyewa mobil adalah mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu sebelum dipakai dalam perjalanan. Rental yang baik pastinya akan memberikan unit mereka yang terbaik. Walau begitu tidak ada salahnya jika memeriksanya terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tanyakan kondisi mobil kepada para crew bus pariwisata yang melayani Anda.

Demikian penjelasan singkat mengenai hal-hal yang harus diperhatikan saat menyewa bus pariwisata. Tentu saja masih banyak hal-hal lainya yang harus diperhatikan dan akan kami bahas dilain kesempatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi tambahan referensi saat akan sewa bus wisata Jogja maupun lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *