24 Mar

Manfaat Penggunaan Karpet di Rumah

Saat ini ada berbagai macam jenis karpet yang ditawarkan di toko karpet, seperti Karpet Hotel, Karpet Kantor ataupun Karpet Masjid, yang dimana karpet-karpet tersebut kebanyakannya diproduksi dari Pabrik Karpet luar negeri (impor), ya walaupun ada juga karpet yang diproduksi oleh Pabrik Karpet dalam negeri (lokal), namun presentasenya masih cukup rendah. Selain untuk mempercantik dekorasi ruangan anda, nyatanya masih banyak lagi manfaat penggunaan karpet ini didalam ruangan rumah Anda. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah sejumlah fungsi dan manfaat karpet rumah yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  • Memberikan Kenyamanan Saat Berjalan

Karpet yang digunakan sebagai alas lantai tentu saja akan memberikan sensasi sentuhan tersendiri apabila bersinggungan dengan kaki. Bagi mereka yang berjalan di atas karpet, biasanya akan merasa lebih nyaman dibandingkan bersentuhan langsung dengan lantai, apalagi jika karpet di ruangan rumah Anda memiliki tekstur yang lembut dan empuk.

  • Memberikan Pelindungan Terhadap Lantai dan Furniture

Furniture seperti meja ataupun kursi jika bergesekan dengan lantai lama-kelamaan akan meninggalkan bekas, baik itu berupa goresan hingga lubang kecil dilantai. Dengan adanya karpet sebagai alas lantai, karpet akan menjadi media pelindung agar tidak terjadi gesekan antara lantai dan furniture.

  • Meredam Kebisingan Di Ruangan

Pemasangan karpet di ruangan rumah juga dapat berfungsi sebagai peredam suara bising. Suara bising yang ada di rumah bisanya berasal dari alat-alat elektronik seperti televisi, radio, bahakn teriakan dan langkah kaki juga bisa menjadi sumber kebisingan. Karpet yang memiliki ketebalan yang tebal lebih dapat menyerap suara bising dan membuat suasana lebih tenang. Karpet juga bisa meredam kebisingan antara lantai satu dan lantai dua yang biasanya terdengar bising.

Itulah beberapa manfaat yang ada dari penggunaan karpet di rumah Anda, namun manfaat-manfaat karpet tersebut tentu saja akan lebih maksimal apabila Anda tahu jenis karpet yang tepat untuk tatanan dekorasi rumah Anda. Di Indonesia sendiri baik untuk Karpet Hotel, Karpet Kantor ataupun Karpet Masjid, penggunakan karpet berbahan Nilon, Akrilik atau Wool akan cocok dijadikan pilihan. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan jenis, motif ataupun ukuran karpet dengan kondisi ruangan Anda. Jika tidak sesuai maka suasana yang tercipta justru kesan panas, sempit dan kurang nyaman. Oleh sebab itu perhatikan secara selektif dalam memilih karpet dan perhatikan bagaimana kondisi ruangan di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *