30 Sep

Panduan Menulis Arikel Deskripsi

PanduanPraktis.com – Artikel deskripsi adalah karangan yang bertujuan untuk menulis gambaran suatu fakta sehingga pembaca dapat membayangkannya di dalam benak. Saya lebih suka menjulukinya sebagai artikel gambar. Sebab seratus persen artikel ini berisi gambaran keadaan, kejadian, peristiwa.

Langkah Penulisan Artikel Deskripsi

1. Tetapkan objek, baik berbentuk kondisi atau rencana yang ingin dideskripsikan
2. Tetapkan juga maksud penulisan (tersirat).
3. Tetapkan rumusan inspirasi pokok (tersirat).
4. Kembangkan tulisan jadi urut-urutan. Apakah berdasar pada posisi saat : pagi-siang-sore ; atau posisi jam 1, jam 2, jam 3 ; atau posisi th. : th. 2000, th. 2003, th. 2005 ; atau memakai posisi tempat : dari tepi ke tengah ; dari pangkal ke ujung ; atau kita menginginkan menggunakan posisi kebutuhan : dari yang paling perlu, perlu ke yang kurang perlu.
5. Tutup dengan paragraf yang menyimpulkan object yang digambarkan.

Contoh artikel bisa anda saksikan.

Oya, penulis artikel gambaran pada contoh diatas memakai tehnik pengembangan berdasar pada posisi tempat. Penulis melukiskan pengalamannya saat rekreasi ke Pantai Pulau Datuk. Dia melukiskan indahnya perjalanan di pantai itu dari pertama hingga akhir perjalanan dengan runut. Si penulis menginginkan Anda (pembaca) lihat, rasakan, alami apa yang ia rasakan serta alami.

Prasyarat berhasil buat artikel gambaran yaitu, pertama : semakin banyak indera yang kita sertakan semakin baik karna pembaca akan rasakan, memikirkan bahkan juga turut alami apa yang kita lukiskan. Dari contoh artikel diatas umpamanya pada judul : Semprotat Senja… Si penulis menginginkan kita lihat senja.

Ke-2, janganlah masukan opini atau pendapat anda dalam artikel. Basic artikel gambaran yaitu MENGGAMBAR atau MELUKIS, jadi gambar serta lukislah apa yang ada, pure dengan kata lain murni mengajak pembaca untuk lihat kondisi atau kenyataan atau pengalaman yang anda rasakan serta alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *