21 Aug

Cara Sukses Jual Hewan Qurban Murah dengan Melakukan Promo di Hari Menjelang Idul Adha

Sebentar lagi bangsa Indonesia khususnya umat muslim akan menyambut hari raya Idul Adha. Di hari ini bukan hanya ibadah haji saja yang bisa dilakukan tetapi juga ibadah qurban dengan menyembelih hewan qurban. Moment Idul Adha bukan hanya dinanti oleh umat Islam yang akan melaksanakan ibadah qurban saja tetapi juga oleh para penjual hewan ternak. Di moment hari raya qurban, harga hewan ternak naik sangat tinggi karena kebutuhannya yang juga ikut melonjak untuk melaksanakan ibadah qurban.

Bagi Anda yang memiliki bisnis menjual hewan ternak, tentunya hari raya Idul Adha bisa memberikan keuntungan yang lumayan dibandingkan hari-hari lainnya. Namun semakin banyaknya para penjual hewan ternak dadakan juga bisa menjadi pesaing yang perlu diantisipasi. Ada cara yang bisa Anda lakukan agar hewan ternak Anda tetap laris di hari menjelang Idul Adha yaitu dengan melakukan promo jual hewan qurban murah.

Harga hewan qurban pastinya mengalami kenaikan yang signifikan, namun bukan berarti Anda tak bisa menjualnya dengan harga yang lebih terjangkau apalagi jika hewan tersebut adalah hewan ternak Anda sendiri. Anda bisa mengurangi harganya sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 200.000 dari harga pasar agar harga jual menjadi lebih terjangkau dari penjual lainnya. Jika Anda membeli hewan qurban dari peternak lainnya maka ada cara yang bisa dilakukan untuk menekan biaya yaitu:

  • Membeli sekaligus dalam jumlah banyak dalam satu kali pengiriman sehingga menghemat biaya transportasi.
  • Membeli dari peternak skala besar.
  • Membeli dari peternak di pedesaan yang cukup sulit untuk melakukan pemasaran sendiri.

Membeli hewan ternak dengan harga yang lebih terjangkau akan menghasilkan modal yang kecil sehingga bisa menjual dengan harga yang lebih murah. Lalu bagaimana dengan strategi pemasarannya? Anda bisa membuka los hewan ternak di tempat yang strategis seperti di pinggir jalan, di perkampungan atau di lapangan yang banyak rumput sehingga mengurangi biaya tenaga pakan. Agar calon pembeli bisa lebih banyak, Anda juga bisa mengeluarkan cara promosi lainnya seperti brosur, berkeliling kampung atau menempel brosur di papan pengumuman.

Namun meski Anda menjual hewan ternak dengan harga yang lebih terjangkau, tetap perhatikan kesehatan hewan ternak Anda dengan cara memastikan makanan yang dimakan mereka sehat dan bersih. Lebih baik membuka los ternak di lapangan rumput sehingga sapi, kambing dan domba bisa mencari makan sendiri dengan bebas dari pada mengandangkan mereka sehingga Anda perlu membayar orang untuk mencarikan makan. Lakukan tes kesehatan terhadap hewan ternak sebelum Anda jual dan pilihlah hanya hewan sehat saja yang Anda jual karena kesehatan ternak menentukan sah atau tidaknya ibadah berqurban umat Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *