13 Jul

Pelajari Tata Cara Shalat Dhuha yang Baik dan Benar agar Sempurna

Wajib bagi muslim untuk menjalankan shalat lima waktu. Apabila kita lalai apalagi meninggalkan shalat wajib maka berdosalah. Allah SWT memberikan kesempatan bagi umatnya untuk berlomba – lomba dalam kebaikan. Tak sedikit orang yang mengabaikan hal tersebut. Mereka taat untuk menjalankan shalat lima waktu ditambah dengan amalan lainnya. Seperti shalat sunnah. Shalat sunah dapat didefinisikan ibadah yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak berdosa. Nabi Muhammad SAW menganjurkan shalat sunnah kepada umatnya agar memperoleh pahala. Salah satu shalat sunah yang sering dilakukan kebanyakan umat yaitu shalat dhuha.

Sebelum memahami manfaat dan keutamaam, mari kitapelajari tata cara shalat dhuha yang baik dan benar terlebih dahulu. Berikut tata caranya.

  1. Membaca niat dalam hati dengan benar. Semua ibadah tergantung dari niat kita. Jika tidak bisa membaca niat dengan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia atau Jawa juga boleh. Yang penting jelas.
  2. Takbiratul ikhram. Akan lebih baik apabila setelah takbiratul ikhram dilanjutkan dengan doa iftitah, agar keimanan kita bertambah.
  3. Membaca surat Al Fatihah. Surat Al Fatihah wajib dilafalkan pada shalat wajib maupun sunnah.
  4. Membaca surat atau ayat Al Quran pilihan, seperti Adh Dhuha, Asy Syam, dan lainnya.
  5. Melakukan ruku’ dengan tuma’ninah seraya membaca tasbih tiga kali.
  6. Melakukan I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Melakukan sujud dengan tuma’ninah seraya membaca tasbih tiga kali.
  8. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
  9. Melakukan sujud kedua dengan tuma’ninah seraya membaca tasih tiga kali.
  10. Selanjutnya berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua. Tata cara rakaat kedua sama halnya dengan rakaat pertama dari membaca Al Fatihah sampai sujud kedua.
  11. Lalu Tahiyat akhir dengan tuma’ninah, dan
  12. Salam

Sekian tata cara shalat dhuha yang benar.  Kita perlu mempelajari tata cara tersebut agar dalam menjalankan shalat kita lebih maksimal. Shalat merupakan salah satu cara komunikasi kita dengan Allah SWT. Oleh karenanya, perlu memaksimalkan shalat kita agar komunikasi kita dengan Allah SWT juga baik. Selamat mencoba.

Oh iya, jika kamu punya hajat tertantu yang (misalnya) cukup besar, secara dhahir susah didapat, bisa dibilang juga dengan mimpi, kamu bisa minta secara khusus sama dengan dengan melakukan sholat sunnah hajat. Bisa baca tata caranya di link yang tadi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *