29 Jul

Destinasi Wisata Pantai Yang Ada di Jawa Barat

Pulau Jawa merupakan sebuah pulau tropis yang ada di wilayah Negara Republik Indonesia, luas wilayah pulau ini mencapai kurang lebih 120 ribu kilometer persegi dan menjadikan Pulau Jawa sebagai pulau terluas di urutan 13 yang ada di dunia. Pulau Jawa sendiri berada di kawasan Asia Tenggara dan merupakan salah satu pulau utama bagi Indonesia dengan ibukota negara yakni Jakarta berada di pulau ini, Pulau Jawa terbagi menjadi 6 propinsi yang dihuni oleh sekitar 160 juta jiwa.

Salah satu propinsi yang ada di Pulau Jawa adalah Propinsi Jawa Barat yang memiliki ibukota di Kota Bandung. Sesuai dengan namanya, propinsi ini terletak di bagian barat Pulau Jawa, secara geografis Propinsi Jawa Barat berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Propinsi Jawa Tengah di sebelah timur, Samudera Hindia di sebelah selatan, dan Propinsi Banten di sebelah barat. Kondisi geografis yang demikian membuat Propinsi Jawa Barat memiliki banyak pantai dengan panorama yang indah sebagai destinasi wisata, berikut ini ulasannya.

Destinasi Wisata Pantai Yang Ada di Jawa Barat

1. Pantai Batu Karas
Salah satu objek wisata pantai di Propinsi Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Batu Karas yang memiliki lokasi tepatnya berada di Cilujang, Kabupaten Pangandaran. Pantai yang satu ini memang sudah dikenal akan keindahannya dengan ditambah adanya pepohonan di pinggir pantai yang semakin menambah pesonanya, selain itu pantai ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar.

2. Pantai Batu Hiu
Pantai berikutnya yang bisa Anda kunjungi di Jawa Barat adalah sebuah pantai yang bernama Pantai Batu Hiu, pantai ini memiliki keunikan di mana pantai ini memiliki batu karang yang menyerupai bentuk sirip ikan hiu, selain itu Anda juga akan disuguhi dengan panorama alam khas dari pantai ini yakni pasir putihnya yang menghampar serta air lautnya yang jernih dan berwarna kehijauan.

3. Pantai Pananjung
Pantai keiga di Propinsi Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata adalah Pantai Pananjung di mana pantai ini menyajikan kesejukan dengan adanya rerimbunan pohon berwarna hijau yang menghiasi bibir pantai. Selain itu, Pantai Pananjung ini juga memiliki ombak yang cukup tenang sehingga Anda akan aman untuk bermain air dan berenang di lautnya yang jernih.

4. Pantai Pangumbahan
Pantai di urutan keempat yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata adalah Pantai Pangumbahan yang maan di pantai ini Anda akan menemukan pasir pantai yang lembut sehinga Anda dan keluarga dapat bermain pasir, ombak yang ada di pantai ini juga tidak besar sehingga aman untuk berenang, selain itu terdapat juga penangkaran penyu yang bisa Anda kunjungi di Pantai Pangumbahan ini.

5. Pantai Tanjung Layar
Pantai kelima di Propinsi Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Tanjung Layar yang mana ciri khas dari pantai ini adalah memiliki dua tebing yang tinggi sehingga bentuknya mirip seperti layar pada perahu, ombak yang ada di pantai ini juga cukup tenang karena adanya batu karang yang menjadi pemecah ombak sehingga Anda akan aman bermain di laut Pantai Tanjung Layar ini.

Propinsi Jawa Barat memiliki banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata yang mana salah satunya adalah wisata alam pantainya yang indah mempesona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *