24 May

bisnis modal satu juta

Berbisnis atau berwirausaha dengan modal kecil tentunya menjadi keinginan semua orang yang akan memulai bisnis, apalagi jika anda memiliki masalah keuangan karena penghasilan yang tidak berlebihan, sementara itu kebutuhan pokok semakin bertambah dan semakin mahal.

Jika anda belum memiliki pekerjaan yang tetap, anda bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri dengan cara membuka usaha. Memulai usaha tidak begitu sulit seperti yang dibayangkan oleh anda,berwirausaha atau berbisnis tidak harus memiliki modal yang besar. Bagi setiap orang besar kecil modal itu relatif, ada yang bilang bahwa modal diatas 50 juta itu bukan bisnis bermodal besar, tetapi ada yang mengatakan berbisnis dengan modal 15 juta, merupakan bisnis yang bermodal besar.

Ada banyak contoh usaha dengan modal sejuta atau bahkan kurang dari sejuta yang anda bisa contoh. Berikut ini beberapa contoh usaha yang tidak memerlukan biaya diatas sejuta bahkan kurang dibawahnya.

  • Usaha membuka kuliner kecil-kecilan.

Berbisnis bidang ini tidak selalu menggunakan modal yang besar, jika anda mempuyai kemampuan di bidang masak-memasak maka coba tunjukan kepada pasar produk buatan anda yang memang dapat bersaing di pasaran. Contoh usaha kuliner dengan modal satu juta seperti bakso, keripik ayam, dan makanan kecil lainnya. Jika anda bertempat tinggal di sekitar kampus, anda bisa membuka usaha catering dengan cara memberikan dp 50% terlebih dahulu pada pemesan, agar uangnya untuk belanja bahan makan.

  • Usaha online.

Yang dibutuhkan dalam usaha ini adalah hp, jaringan internet sehingga dengan modal satu juta usaha ini dipastikan cocok. Berbisnis di dunia maya merupakan usaha yang tidak asing lagi. Hampir semua orang sering berselancar di internet, maka dari itu peluangnya sangat besar terutama jika anda membuat promosi dibukalaapak.com, atau tokopedia.com. Pasti di internet banyak persaingan, tips untuk anda agar behasil adalah dengan membuat produk yang berkualitas dan inovatif.

  • Affliate.

Affliate adalah jenis bisnis yang membantu menjualkan produk orang lain dengan harga yang sudah dibuat oleh produsen. Contoh dari bisnis ini adalah menjualkan buku gramedia ke pasaran seprti sekolahan, dll. Tetapi untuk memulai bisnis ini anda harus memiliki skill marketing yang bagus, karena usaha dibidang ini gampang-gampang susah.

  • Membuat kerajinan tangan.

Bisnis ini tentu tidak terlalu jauh dari bidang jasa, namun yang membedakannya adalah produk yang terbuat dari kerajinan adalah nyata, contoh dari produk kerajinan tangan adalah gantungan kunci, membuat mendali, membuat guci, dll.

  • Bisnis di bidang jasa.

70 % keahlian yang diperlukan dan 30 % modal peralatan , hal itu yang dibutuhkan untuk terjun di bisnis ini. Contoh bisnis jasa yang modalnya dibawah satu juta seperti servis hp, servis tv, komputer, akan tetapi untuk membuka bisnis jasa juga di perlukan skill yang cukup memadai. Hasil keuntungan dari bisnis jasa ini 100% untuk anda apabila dikerjakan sendiri.

  • Menjadi agen/reseller.

Dengan modal satu juta, anda sudah bisa menjadi agen berbagai macam bisnis seperti obat suplemen, produk kecantikan, dll. Banyak orang yang sudah menjadi sukses akibat dari usaha ini, misal pada bisnis Sophie Martin, Herbalife, dan Oiflame.

  • Peternakan.

Jika anda mempuyai lahan kosong yang luas, maka dengan modal satu juta anda sudah bisa membuat usaha sendiri, seperti ternak jangkrik, ternak ayam petelur, ternak burung, ternak cacing sutra, dan lainnya.

  • Bisnis parfume.

Jenis bisnis yang selanjutnya yang bisa dijalankan dengan modal satu juta adalah pembuatan dan penjualan parfume. Yang anda perlukan untuk menjalankan bisnis ini adalah bibit parfum yang bisa anda beli seharga 600 ribu dan untuk botol parfumenya sebesar 200 ribu, apabila anda tidak mempuyai toko maka anda bisa menjualnya door to door, sistem penitipan atau ke teman terdekat.

  • Bisnis minuman.

Bisnis minuman ini tidak sulit untuk dijalankan, selain itu modalnya hanya ratusan ribu rupiah saja. Jika anda tidak mempuyai tempat seperti gerobak/booth/ rombong, anda bisa menitipkan produk anda ke rumah makan di daerah anda.

Itulah beberapa contoh bisnis modal satu jutaan, contoh-contoh diatas hanya sebagai inspirasi agar anda lebih kreatif lagi, dan selanjutnya anda bisa mengembangkan usaha tersebut, semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *