01 Apr
Cara Kendalikan Kadar Gula Darah

Cara Kendalikan Kadar Gula Darah

Cara Kendalikan Kadar Gula Darah

Cara Kendalikan Kadar Gula Darah,- Penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi dan itu sangat berbahaya apabila tidak segera diatasi.

Penyakit diabetes memang tidak bisa disembuhkan, tapi setidaknya anda bisa mengendalikan kadar gula darah untuk memperpanjang hidup anda.

Cara Kendalikan Kadar Gula Darah

Memiliki kadar gula darah tinggi dapat tidak menyenangkan dan banyak orang ingin tahu apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu untuk menurunkan kadar glukosa darah tinggi.

Ada beberapa cara kendalikan kadar gula darah dalam jangka pendek. Gula darah tinggi umumnya dikenal sebagai hiperglikemia.

Apa tanda-tanda gula darah tinggi?

Gejala klasik dari kadar glukosa darah yang tinggi adalah :

  • Merasa sangat haus.
  • Perlu pergi toilet sering.
  • Memiliki mulut kering.
  • Merasa lelah/lesu.
  • Merasa tidak nyaman dan mudah marah.

Periksa gula darah Anda

Jika Anda telah mengambil obat yang dapat menyebabkan gula darah rendah (hipoglikemia), itu sangat dianjurkan untuk memeriksa kadar gula darah Anda sebelum Anda mencoba untuk membawa kadar gula Anda ke bawah.

Ini hanya dalam kasus gula darah Anda normal atau rendah, yang dapat menjadi kasus dalam beberapa situasi.

Memperbaiki kadar gula darah tinggi dengan insulin

Jika Anda mengambil insulin, salah satu cara untuk mengurangi gula darah adalah dengan menyuntikkan insulin.

Namun, hati-hati karena insulin dapat mengambil 4 jam atau lebih lama untuk sepenuhnya diserap tubuh, sehingga Anda perlu memastikan bahwa Anda memperhitungkan berapa banyak insulin yang Anda mungkin sudah ada dalam tubuh Anda yang belum diserap oleh darah. Insulin yang belum diserap oleh darah disebut ‘insulin aktif’.

Jika Anda memutuskan untuk memperbaiki dengan insulin, Anda harus hati-hati karena hal ini dapat menyebabkan hipoglikemia dan bisa berbahaya.

Olahraga

Olahraga dapat membantu untuk menurunkan gula darah dan berjalan adalah cara yang baik untuk mencapai ini.

Mungkin masuk akal bahwa berolahraga lebih keras akan memiliki efek yang lebih baik pada menurunkan gula darah karena tapi ini tidak selalu terjadi sebagai olahraga berat dapat menghasilkan respon stres yang menyebabkan tubuh untuk meningkatkan kadar glukosa darah. Tanggapan ini cenderung bervariasi dari setiap orang.

Lakukan Diet Diabetes

Sangat penting untuk anda ketahui, diet diabetes adalah cara anda mengendalikan kadar gula darah diabetes. Meliputi mengurangi mengkonsumsi gula dan mengganti nasi dengan makanan pokok lain yang mengandung karbohidrat kompleks

Misalnya singkong, anda bisa menjadikan singkong sebagai makanan pokok pengganti nasi. Karbohidrat kompleks pada singkong mengikat kandungan gula sehingga gula tidak langsung terlepas ke darah.

Jadi itulah beberapa cara kendalikan kadar gula darah yang sederhana. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *