01 Mar

Mobilio Menjadi Ujung Tombak Penjualan Honda

harga honda mobilio baru

Indonesia merupakan surga bagi pasar otomotif. Banyaknya kendaraaan di Indonesia tidak mengurungkan pembeli untuk memiliki kendaraan baru. Hal ini dikarenakan masih minimnya sarana transportasi umum yang nyaman dan aman. Masyarakat Indonesia membutuhkan kendaraan yang mampu menampung banyak orang dengan BBM irit. Mobil yang paling banyak diminati di penjualan otomoti di Indonesia adalah jenis mpv. Beberapa jenis mpv yang telah muncul sebelumnya adalah Xenia, Avanza, dan Ertiga. Mobilio adalah mobil baru keluaran awal tahun 2014 yang diluncurkan produsen asal Jepang. Siapa sangka, MPV ini menjadi ujung tombak penjualan honda dengan angka penjualan yang bombastis. Harga Honda Mobilio baru juga sangat bersaing dengan Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina.

Sejak hadir pada awal tahun 2014, MPV andalan Honda ini telah mendapatkan respon tinggi dari pencinta otomotif. PT Honda Prospect Motor mengatakan bahwa kendaraan ini telah ditargetkan mendapatkan pesanan inden sebanyak 2.500 dalam 11 hari IIMS 2014. Ini tentu sesuatu hal yang mengejutkan. Bos Honda Jepang yang bernama Takanobu Ito tampil dengan optimis saat peluncuran mobil ini. Hal ini berdasar karena pihak Honda merancang MPV ini sebagai mobil yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna mobil di Indonesia dengan kualitas tinggi tetapi harga murah.

Saat pertama kali dilepas ke pasaran, pengiriman pertama pada Januari 2014 menunjukkan angka yang bagus. Pada bulan selanjutnya, mobil ini mencatat angka sebanyak 6.241 unit. Hal ini menunjukkan bahwa Mobilio mampu melebihi penjualan Xenia yang saat itu hanya mencatat 5.137 unit, tetapi masih dibawah angka penjualan Avanza yang mencapai 15.708 unit. Pada bulan ketiga penjualannya, mobil serba guna besutan Honda ini mampu mencapai angka 15.708 unit. Dengan penjualan yang terus meningkat, pihak Honda berharap kalau mobil ini akan mampu menyaingi rival utamanya, yakni Toyota Avanza, Xenia, APV, Spin, dan Ertiga dan merebut posisi pertama terlaris penjualan di Solo, Yogyakarta, dan Semarang.

Menjadi Ujung Tombak Penjualan Honda

Varian yang tersedia saat ini adalah tipe RS, E M/T, S M/T, E CVT dan Prestige. Tipe RS meurpakan tipe teranyar yang menjadi andalan untuk mencapai target 5.000 unit di IIMS 2014. Sejak awal peluncurannya, mobil ini bisa terus sukses menguasai pasaran karena 85% komponennya dibuat di dalam negeri yaitu di pabrik terbaru Honda di Karawang. Pimpinan proyek Honda telah melakukan berbagai tahap riset untuk merumuskan desain mobil MPV yang akan diluncurkan Honda. Mereka akhirnya mendesain Mobilio dengan tempat duduk tiga baris yang mampu menampung 7 orang penumpang. Harga mobil ini dibuat terjangkau untuk menarik minat masyarakat Indonesia.

Selain dirancang sesuai kebutuhan, mobil keluaran honda ini mempunyai dimensi yang ideal sehingga tidak menyulitkan pengguna untuk parkir. Mesin yang dikembangkan dari Freed ini mampunyai platform yang berbeda dan lebih hemat bahan bahan bakar. Mobil ini juga dilengkapi velg aluminium, mesin i-VTEC SOHC 1,5 liter, AC, dan 4 silinder. Tenaga maksimum bisa mencapai 118 PS. Untuk keamanan, mobilio sudah menerapkan fitur yang solid dengan sistem pengereman ABS+EBD, dua airbag depan, dan adanya rangka bodi G-CON dan struktur bodi ACE. Mobilio yang telah hadir di Indonesia ini selanjutnya juga akan hadir di India. Khusus untuk Indonesia, mobil ini berfokus pada mesin bensin 1.500 cc.

Sejauh ini, Honda Mobilio menjadi ujung tombak penjualan Honda dengan angka penjualan yang bombastis. Terbukti sebanyak 110.547 unit mobil Honda telah terjual hingga bulan Agustus 2014. Sumbangsih MPV ini terhadap angka penjualan Honda secara keseluruhan mencapai 59.337 unit. Ini membuktikan bahwa mobil ini paling banyak diminati di antara produk Honda lainnya. Produk lain yang memiliki banyak peminat di barisan berikutnya adalah Honda Jazz, lalu dilanjutkan dengan Honda Brio Satya, si mobil murah ramah lingkungan.

Pihak honda berharap dengan adanya IIMS (Indonesia Internasional Motor Show) yang telah digelar bulan lalu, tepatnya tanggal 18-28 September 2014 mampu menambah penjualan Honda. Harapan pihak tersebut sepertinya tidak sia-sia dengan tembusnya penjualan Mobilio mencapai 7.594 unit di bulan September. Secara keseluruhan, penjualan Honda mencapai 126.786 hingga bulan September 2014. Ini merupakan angka yang cukup besar. Keunggulan mesin dan fungsi keseluruhan yang dibutuhkan masyarakat Indonesia dan harganya yang terjangkau menjadi keunggulan tersendiri dari mobil ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *