19 Mar
alat musik tradisional gong

Manfaat Gong Sebagai alat musik Tradisional Negara Indonesia

Manfaat Gong Sebagai alat musik Tradisional. Indonesia yaitu negara yang terbagi dalam banyak suku dan kaya keanekaragaman kebiasaan istiadat termasuk juga alat musik. Tersebut disini keterangan singkat mengenai alat musik tradisional GONG.

alat musik tradisional gong

Pada umumnya Gong adalah alat musik yang terbuat dari leburan logam (perunggu dengan tembaga) dengan permukaan yang bundar (dengan atau tanpa ada Pencu). Gong bisa di gantung pada bingkai atau ditempatkan berjajar pada rack, atau dapat diletakkan pada permukaan yang lunak seperti tikar. Diluar itu ada pula gong genggam yang dimainkan sembari jalan maupun menari. Gong yang mempunyai nada rendah, ditabuh dengan pemukul kayu yang ujungnya di balut dengan karet, katun, atau benang.

Seperti diambil Dari Wikipedia bhs Indonesia, Gong yaitu adalah satu alat musik jam yang populer di Asia Tenggara serta Asia Timur. Gong ini dipakai untuk alat musik tradisional. Gong yang sudah ditempa belum bisa ditetapkan nadanya. Suara gong baru terbentuk sesudah dibasuh serta dibikin bersih. Jika nadanya masihlah belum sesuai sama, gong dikerok hingga susunan perunggunya jadi lebih tidak tebal.

Gong dimainkan lewat cara ditopang oleh ke lima jari serta dimainkan lewat cara dipukul satu stik pendek. Langkah memegang kkwaenggwari memakai lima jari ini nyatanya mempunyai manfaat spesial, lantaran satu jari (telunjuk) dapat dipakai untuk meredam getaran gong serta kurangi volume nada denting yang dibuat.

Manfaat alat musik gong yaitu dimainkan sebagai sisi dari upacara keluarga, orang-orang, kerajaan, serta keagamaan. Terkecuali di kenal sebagai alat musik, gong dikira sebagai harta, mas kawin, pusaka, simbol status yang memiliki, piranti upacara, serta yang lain. Jumlah gong kerapkali lebih utama dari nadagong (gong sebagai lambang/ritual), gong sebagai alat komunikasi antarwarga.

Tersebut disini manfaat Gong di beberapa lokasi di indonesia seperti

  1. Di Jawa alat musik gong dimainkan waktu kematian seorang atau anggota kerajaan tak diijinkan, tetapi pada daerah lain dapat dimainkan pada upacara kematian. Musik Gong sebagai koran Desa, diSumba. Seseorang pemain gong diijinkan untuk memainkan lagu kematian walau tak ada orang di desa yang wafat, tetapi sesudah memainkan lagu itu pemain gongharus memainkan lagu yang riang. Mereka menerangkan kalau nada gong yang terdengar jauh memberitahukan pada masyarakat di daerah sekitaran itu untuk melayat, tetapi bila lagu riang selekasnya dimainkan jadi mereka tak perlu melayat.
  2. Di Bali, sebagai alat musik Di Bali yang terkait dengan ritual keagamaan.
  3. Di Jawa Tengah, sebagai alat musik Jawa Tengah waktu perayaan agama Islam, gong dipunyai oleh orang-orang atau instansi spesifik.
  4. Alat musik Minangkabau dipakai pada pesta – pesta pernikahan atau selamatan,
  5. Didaerah Jawa Barat dipakai untuk acara sekuler membawa acara keningratan serta tak dipunyai olehsemua orang.
  6. Di Kalimantan, Sulawesi serta NTT, gong dimainkan untuk acara penyembuhan, kematian, ataupun pernikahan tetapi dipunyai oleh kebanyakan orang.

Itulah tadi alat musik tradisional gong yang bisa kami sampaikan , untuk mendapatkan informasi lebih mengenai alat musik tradisional di indonesia lainya anda bisa berkunjung ke http://hargaalatmusik.info, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *