02 Mar
Kurs rupiah bergerak menjadi Rp13.344

Kurs rupiah bergerak menjadi Rp13.344

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi bergerak menguat jadi Rp13. 344, dibanding terlebih dulu di posisi Rp13. 355 per dolar AS.

Kurs rupiah bergerak menjadi Rp13.344

Ilustrasi Kurs Rupiah via KursDollar.co.id

” Laju inflasi Februari yang masihlah teratasi direspons positif oleh beberapa pelaku pasar hingga fluktuasi rupiah relatif stabil dengan kecenderungan menguat, ” kata pengamat pasar uang Bank BII Indonesia, Rully Nova di Jakarta, Kamis.

Ia memberikan, cadangan devisa Indonesia periode Februari 2017 yang diproyeksi bertambah juga ikut jadi menjadi sentimen positif untuk mata uang domestik. Pada Januari lantas, cadangan devisa Indonesia meraih 116, 9 miliar dolar AS.

Meski sekian, ia menyampaikan kalau sentimen dolar AS di pasar eksternal yang masihlah cukup kuat bisa menahan laju rupiah terapresiasi lebih tinggi. Pelaku pasar masihlah cemas pada potensi kenaikan suku bunga AS (Fed Fund Rate) pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada pertengahan Maret.

Kepala Penelitian Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memberikan, dolar AS masihlah berpeluang kembali terapresiasi menyusul The Fed yang cukup serius memperhitungkan kenaikan suku bunga pada bln. ini.

Ia menyampaikan, satu diantara petinggi The Fed menyebutkan membaiknya ekonomi global dan juga solidnya pemulihan di Amerika Serikat adalah saat pas untuk menaikan suku bunga kurun waktu dekat.

” Komentar yang hawkish dari petinggi The Fed pada kenaikan suku bunga bakal menyebabkan dolar AS alami kenaikan pada sebagian besar mata uang paling utama dunia, ” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *