15 Feb

Jika Sikecil Susah Makan

Setiap orang tua tentu akan senang jika melihat anaknya sehat, ceria, dan gemar makan. Namun tidak sedikit ibu yang mengeluhkan  betapa susahnya mengajak si kecil buka mulut untuk menyantap makanan yang hendak disuapkan. Pasalnya,hal ini dapat mempengaruhi  kecukupan nutrisi yang dibutuhkan sang buah hati.

Gerakan tutup mulut  yang dilancarkan si kecil tak perlu membuat orangtua hilang kesabaran dan menjadi marah. Pasti ada sebabnya anak sulit diajak makan, walaupun makanan yang disajikan menarik minat,serta sehat bagi si kecil.

Bosan dengan menu yang biasa-biasa saja,tekstur yang tidak sesuai, kurang fit,akan tumbuh gigi atau suasana kurang menyenangkan  adalah beberapa alasan yang membuat buah hati anda enggan membuka mulut mungilnya. Jangan menyerah dan tetaplah kreatif agar nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi, diantaranya dengan mengencerkan makanan agar lebih mudah memasukkan kedalam mulutnya. Dapat juga dengan cara lain seperti memberikan susu formula  yang sesuai usia si kecil.

Langkah sederhana lainnya adalah dengan menghadirkan suasana yang menyenangkan ketika hendak makan.letakkan buah hati anda di pangkuan atau di tempat nyaman yang menyenangkan. Dengan tindakan tersebut anak akan terhibur dan mudah diajak bekerja sama dan patuh terhadap ajakan membuka mulutnya.

Rasa bosan tidak saja dapat dirasakan oleh orang dewasa. Anak kecil pun dapat merasakan kebosanan apabila tidak ada kreativitas dari orang tua untuk mengubah atau untuk mengkombinasikan santapan baginya selain menyodorkan makanan dengan rasa berbeda,memberikan makanan dengan bentuk yang unik dan tidaka biasa akan meningkatkan nafsu makan sang buah hati anda. Jangan lupa untuk memperhatikan porsi makanan yang ideal

Ekspresi  yang dilihatnya juga dapat mengajak si kecil panasaran dan menyantap sesuatu yang dilihatnya. Makanlah makana tersebut dihadapannya  dengan menghadirkan wajah gembira yang mengambarkan nikmatnya makanan tersebut. Ekspresi yang dihadirkan akan membuat si kecil penasaran dan tertarik untuk turut mencobanya.

Hal lainnya adalah alat makan yang digunakan. Peralatan makan yang kian beragam, yang banyak di jual di pasaran dapat membantu meningkatkan selera makan anak anda. Sebisa mungkin gunakan sendok atau alat makannya lainnya yang menjadi kesukaannya. Biarkan si kecil memilih alat yang disukainya agar menambah semangat  bersantap. Tetaplah sabar dan kreatif dalam memenuhi nutrisi buah hati anda. Source: Baby pack n play

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *